Cara Membuat Tas Ransel Rajutan Cantik

Tas Ransel Rajutan – Dalam artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengenai beberapa hal tentang tas ransel rajutan dan cara membuatnya.

Anda tentu sudah familiar dengan istilah merajut kan? Merajut adalah salah satu metode untuk membuat pakaian, tas, dan kain menggunakan benang rajut.

Rajutan adalah kain yang terbuat dari mesin rajut. Biasanya terbuat dari bahan kapas, rayon, sutera, wool dan lain-lain.

Tas ransel adalah salah satu jenis tas, wadah atau tempat yang dipakai di punggung sesorang. Biasanya menggunakan dua tali yang memanjang vertical melewati bahu.

Biasanya tas ransel ini dipilih untuk membawa benda atau barang bawaan yang berat atau sesuai kebutuhan. Teknologi yang digunakan dalam tas ransel pun di khususkan untuk kebutuhan sang pengguna.

Tas ransel rajutan ini biasanya disukai oleh kalangan perempuan, karena memang biasanya dibuat dengan warna-warni yang perempuan sukai.

Selain karena bentuknya yang cantik, tas ransel rajutan ini juga memiliki nilai seni dan ekonomis yang tinggi.

Saat ini permintaan untuk tas rajutan, seperti bentuk ransel ini juga semakin banyak, sesampai banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk membuka bisnis menjual tas ransel rajutan.

Harganya juga terbilang cukup mahal, hal ini karena kebanyakan tas rajut diproduksi secara manual, walaupun juga ada yang menggunakan mesin.

Klik link katalog untuk melihat katalog tas rajut

Cara Membuat Tas Ransel Rajutan

 

Alat-alat yang dibutuhkan sebagai berikut:

  • Tulip Etimo rose no.6
  • Lem tembak
  • Jarum jahit untuk pengerjaan akhir dan untuk menjahit furing

Bahan-bahan yang dibutuhkan sebagai berikut:

  • Bahan katun big ply dengan beberapa kombinasi warna yang menyesuaikan keinginan
  • Tas tali (warna sesuai keinginan) sepanjang 2 meter untuk dibagi dua masing-masing sepanjang 1 m.
  • Stopper sebanyak 1 buah untuk penutup
  • Gesper kotak besi sebanyak 4 buah untu digunakan sebagai tali
  • Gesper plastic sebanyak 2 buah supaya tali tas bisa di resize.
  • Furing tas sekitar 50 cm.

 

Sebagai catatan: pola yang akan digunakan terdiri dari pola alas, pola 24 motif hexagon atau segi enm dan 16 motif pentagon atau segi lima serta pola tutup.

 

  1. Pola Alas Tas Ransel Rajutan

 

Pada pembuatan pola ini menggunakan benang warna ungu, mulai dengan magic ring.

Baris 1: Buat ch 3 (hitung sebagai dc) 10 dc dalam ring, sambung dengan sl st di ch ke 3 pertama. –total 11dc.

Baris 2: Ch 3 (dihitung sebagai dc) dc di st yang sama, *2 dc di st berikutnya. Ulangi langkah * sampai akhir baris. Sambung dengan sl st di ch ke 3 pertama. –total 22dc.

Baris 3: Ch 3, 2 dc di st berikutnya. *dc di st berikutnya, 2 dc di st berikutnya. Ulangi langkah * sampai akhir baris, sambung dengan sl st di ch ke-3 pertama. –total 33dc.

Baris 4: Ch 3, dc di st berikutnya, 2 dc di st berikutnya. *dc di 2 st berikutnya, 2 dc di st berikutnya. Ulangi langkah * sampai akhir baris. Sambung dengan sl st di ch ke-3 pertama. –total 44dc.

Baris 5: Ch 3, dc di 2 st berikutnya, 2 dc di st berikutnya. *dc di 3 st berikutnya, 2 dc di st berikutnya. Ulangi langkah * sampai akhir baris. Sambung dengan sl st di ch ke-3 pertama. –total 55dc.

Baris 6: Ch 3, dc di 3 st berikutnya, 2 dc di st berikutnya. *dc di 4 st berikutnya, 2 dc di st berikutnya. Ulangi langkah * sampai akhir baris. Sambung dengan sl st di ch ke-3 pertama. –total 66dc.

Baris 7: Ch 3, dc di 4 st berikutnya, 2 dc di st berikutnya. *dc di 5 st berikutnya, 2 dc di st berikutnya. Ulangi langkah * sampai akhir baris. Sambung dengan sl st di ch ke-3 pertama. –total 77dc.

Baris 8: Ch 3, dc di 5 st berikutnya, 2 dc di st berikutnya. *dc di 6 st berikutnya, 2 dc di st berikutnya. Ulangi langkah * sampai akhir baris. Sambung dengan sl st di ch ke-3 pertama. –total 88dc.

Baris 9: Ch 3, dc di setiap st sampai akhir baris. Sambung dengan sl st di ch ke 3 pertama. –total 88dc. Matikan benang lalu rapihkan.

 

  1. Pola Hexagon atau Segi Enam

 

Pada pembuatan pola ini, Buat 8 buah dari benang warna kuning telur, 8 buah warna biru langit dan 8 buah warna ungu muda.

Total 24 hexagon. Mulai dengan ch 5, sambung dengan sl st untuk membuat lingkaran.

Baris 1: Ch 3 (hitung sebagai dc), 2 dc dalam lingakaran, [ch 2, 3 dc dalam lingkaran] kerjakan 5x; ch 2, sambung dengan s st di ch ke 3 pertama. –total 18dc dan 6ch-2 space.

Baris 2: Sl st di 2 st berikutnya. Ch 3 (hitung sebagai dc), (2 dc, ch 2, 3dc) di ch-2 space yang sama; *ch 1, (3dc, ch 2, 3dc) di ch-2 space berikutnya. Ulangi langkah * 4x lagi. ch 1, sambung dengan sl st di ch 3 pertama. –total 36dc, 6 ch-2 sps dan 6 ch-1 space. Matikan benang lalu rapihkan.

 

  1. Pola Pentagon atau Segi Lima

 

Pada pola ini buat 8 buah dari benang warna merah dan 8 buah dari benang warna orange.

–total 16 pentagon.

Mulai dengan ch 5, sambung dengan sl st untuk membuat lingkaran. Baris 1: Ch 3 (hitung sebagai dc), 2 dc dalam lingakaran, [ch 2, 3 dc dalam lingkaran] kerjakan 5x; ch 2, sambung dengan s st di ch ke 3 pertama.

–total 18dc dan 6ch-2 space.

Baris 2: Sl st di 2 st berikutnya. Ch 3 (hitung sebagai dc), (2 dc, ch 2, 3 dc) di ch-2sp yang sama; *ch 1, (3 dc, ch 2, 3d) di ch-2 sp berikutnya; ulangi langkah * 3 kali lagi; 3 dc di ch-2sp berikutnya. Sambung dengan sl st di ch ke-3 pertama. –total 33dc, 5ch-2 sps dan 4 ch-1sps. Matikan benang, rapihkan.

Untuk Menyatukan Motif:

Untuk menyatukan motif, kalian bisa menggunakan tusuk whipstitch dengan pattern sebagai berikut:

Satukan dengan menggunakan whipstich dengan cara sbb:

Setelah motif menyatu, sambung bagian body (motif) dengan alas. Lalu akhiri dengan pola atas/tutup.

Tas Rajut Kaay

Tas Rajut Kaay

 

Tas Rajut Kaay

Tas Rajut Kaay

 

  1. Pola Atas atau Tutup

Tas Rajut Kaay

Tas Rajut Kaay

 

Setelah bagian body dan alas menyatu, lanjutkan dengan pola atas untuk membentuk bagian tutup caranya sebagai berikut:

Baris 1: Dengan benang warna ungu tua, sambung dengan sl st di setiap st yang dikehendaki dengan right side facing (bagian luar tas menghadap anda). Buat ch 3 (hitung sebagai dc) lalu dc di setiap st sampai akhir baris. Sambung dengan sl st di ch ke-3 pertama. –total 88dc.

Baris 2: Ch 3 (hitung sebagai dc), dc di setiap st sampai akhir baris. Sambung dengan sl st di ch ke 3 pertama. –total 88dc.

Baris 3: Ch 3 (hitung sebagai dc), dc di 8 st berikutnya, ch 2, skip 2 dc, *dc di 9 st berikutnya, ch 2, skip 2 dc. Ulangi langkah * sampai akhir baris, sambung dengan sl st di ch 3 pertama. –total 72 dc, 8 ch 2 space.

Baris 4: Ch 3 (hitung sebagai dc), dc di 8 st berikutnya, 2 dc di ch 2 space berikutnya. *dc di 9 st berikutnya, 2 dc di ch 2 space berikutnya. Ulangi langkah * sampai akhir baris. Sambung dengan sl st di ch 3 pertama. –total 88 dc.

Baris 5: Ch 3 (hitung sebagai dc), dc di setiap st sampai akhir baris. Sambung dengan sl st di ch ke-3 pertama. –total 88dc. Matikan Benang dan Rapihkan.

 

  1. Pola Tali Tutup

 

Buat tali tutup dengan menggunakan chain (tusuk rantai) sepanjang 60cm. Matikan benang. Masukkan di setiap bagian lubang pola atas (seperti gambar contoh). Pasangi stopper lalu pasang rumbai.

 

  1. Pola Rumbai

 

Gunting 2 bagian setiap warna benang sepanjang 30cm. Masukkan di ujung masing-masing tusuk rantai. Matikan dengan simpul tali mati untuk mencegah stopper keluar jalur.

Pola Gesper Kotak (sebelum dipasangi tali tas)

Buat 4 untuk masing-masing tali tas. 2 bagian atas bawah untuk setiap tali tas gendong. Buat 2 dengan warna ungu tua dan ungu. Mulai dengan ch 5

Baris 1: Sc di ch ke 2 dari hakken, sc sampai akhir baris. Balik. –total 4sc.

Baris 2: Ch 1, sc di setiap st. Balik –total 4sc.

Baris 3-5: Ulangi langkah baris 2. Matikan benang. Sisakan agak panjang untuk menjahit di bagian tas.

 

  1. Pola Tali Tas (untuk digantung)

Tas Rajut Kaay

Tas Rajut Kaay

Dengan warna benang ungu tua, mulai dengan ch4. Baris 1: Sc di ch ke 2 dari hakken, sc sampai akhir baris. Balik. –total 2 sc.

 

Baris 2: Ch 1, sc di setiap st. Balik. –total 2 sc. Ulangi langkah baris 2 sampai panjang 15cm. Matikan benang. Sisakan agak panjang untuk menjahit di bagian tas. (perhatikan gambar)

 

  1. Finishing
Tas Rajut Kaay

Tas Rajut Kaay

Untuk proses terakhir atau proses finishing, rapihkan sisa benang yang menjuntai, kemudian pasang furing di bagian dalam.
Demikianlah penjelasan mengenai tas ransel rajutan dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat.

 

(sumber referensi tulisan: http://kaay-official.com/serial-membuat-rajutan-2/)

Leave a Reply