Cara Membuat Tas Rajut Untuk Pemula

Cara Membuat Tas Rajut – Tas rajut merupakan tas yang di buat dengan cara di rajut secara manual atau dikenal dengan istilah Handmade. Dan banyak sekali orang yang tertarik dengan tas rajut ini di karenakan keunikan dan kualitas tasnya yang bagus dan kuat.

Sebelum kita membahas bagai mana cara membuat tas rajut alangkah baiknya kita mengethui apa arti merajut yang sebenarnya.

Apa Itu Merajut ?

Di dalam bahasa inggris merajut disebut dengan “Knitting” yang artinya adalah sebuah metode yang di gunakan untuk membuat pakaian, kain, dan barang jenis lainnya dari benang rajut. Satu hal yang harus kamu ketahui bahwa sangat jauh berbeda antara menenun dengan merajut.

Cara Merajut

pabosi.net

“Menenun adalah metode membuat kain dengan menggunakan mesin baik tradisional maupun modern dengan menyilangkan dua benang yang saling tegak lurus.”

“Merajut Merupakan suatu metode yang digunakan untuk membuat suatu barang dengan menggunakan sehelai benang yang ditusukan di dalam satu baris yang sudah di pegang, hingga membentuk barisan yang baru.”

Pada zaman yang semakin modern ini, metode merajut sudah berkembang yaitu dengan menggunakan metode yang lebih modern atau dengan menggunakan mesin.

Cara Membuat Tas Rajut

Keunikan dan kecantikan dari tas rajut membuat para wanita ingin memiliki tas rajut, akan tetapi karena harga dari tas rajut terbilang mahal ini membuat orang ingin sekali membuat tas rajut sendiri. Namun di dalam membuat tas rajut ini terbilang susah-susah gampang dan sangat memerlukan keahlian,keterampilan, kekereatifan dan ketelitian.

Cara Membuat Tas Rajut

pabosi.net

Di dalam membuat tas rajutan ini, ada banyak sekali benang yang bisa kita gunakan seperti benang wol, benang nylon, katun, dan masih banyak benang lainnya. Akan tetapi pada umumnya semua metode yang di gunakan sama hanya saja benang yang d gunakan yang berbeda.

Pada kali ini kita akan mempelajari bersama bagai mana cara membuat tas rajut dari benang nylon. Mari kita simak dan perhatikan secara seksama:

1.Menyiapkan Alat Serta Bahan Pembuatan Tas Rajut

Di dalam mebuat apapun pastinya kita harus menyiapkan alat dan bahan yang di butuhkan, begitu pula dengan membuat tas rajut kita harus menyiapkan alat dan bahan yaitu: Hakpen 1/0, Gunting, dan benang nylon secukupnya. Mungkin jika ada bahan dan alat lain yang d butuhkan silahkan di tambahkan sendiri 😉 😀 .

Alat-alat Untuk Merajut

pabosi.net

2. Membuat Simpul Awal dan Simpul Rantai Tas Rajut

Membuat simpul awal yang kemudian di lanjutkan dengan membuat simpul rantai dengan menggunakan benang nilon tidak terlalu suit dan juga tidak bisa di bilan mudah. Warna benang nilon yang kita gunakan terserah keinginan masing-masing, sebab semua orang punya selera warna.

Bagai mana cara Membuat simpul awal? Caranya adalah pertama-tama lingkarkan benang yang telah di siapkan di awal pada jarum, kemudian sisa benang yang ada letakan pada bagian tengah lingkaran. Setelah itu, masukanlah jarum dari bagian bawah benang ke dalam tengan lingkaran, yang dilanjutkan dengan menarik benang yang panjang akan tetapi bukan benang yang di ujung.

Setelah selesai membuat simpul awal, langkah berikutnya adalah membuat simpul rantai. Caranya kaitkan benang yang sudah di buat simpul awal pada hakpen, kemudian tariklah benang hingga keluar dari hakpen. Ulangilah cara tadi hingga membentuk rantai dengan panjang yang kita inginkan.

3. Membuat Simpul Rantai Berdiri

Setelah membuat simpul awal dan membuat simpul rantai, langkah selanjutnya yaitu dengan membuat simpul rantai berdiri sebanyak tiga baris. Caranya, sebagai permulaan silahkan buat 4 tusuk rantai, dan kaitkan hakpen pada benang, lalu masukan hakpen pada lubang yang kelima, yang dilanjutkan dengan mengatikan hakpen pada benang yg langsung di lanjutkan dengan menarik pada lubang ke lima.

Selanjutnya kaitkanlah hakpen dengan melewati 1 lubang yang ada, selanjutnya kaitkanlah benang pada hakpen yang kemudian di tarik kedalam 2 lubang yang ada dan terakhir kaitkan benang pada hakpen kemudian masukan pada dua lobang dari 3 lobang yang ada.

Lakukanlah cara di atas hingga memutar menjadi simpul rantai berdiri dan bertemu antara ujung dengan ujung lainnya, buat hingga menjadi 3 baris rantai berdiri.

4. Membuat Simpul Rantai Keriting

Setelah melakukan tahap di atas, selanjutnya kita akan membuat simpul rantai keriting sebanyak 2 baris. Caranya buatlah tujuh rantai tusuk dan kemudian masukanlah hakpen pada lubang ke 3 selanjutnya kaitkan benang pada hakpen, kemudian tarik.

Kaitkan kembali benang pada hakpen yang kemudian kamu tarik melewati lubang yang ada, lakukan cara ini hingga ujung rantai saling bertemu, juga lakukan sebanyak 2 baris. Langkah berikutnya cukup mudah yaitu dengan mengulangi membuat simpul secara berurutan mulai dari embuat simpul rantai berdiri, membuat simpul rantai keriting sesuai keinginan kamu.

5. Membuat Tali Penarik Dan Membuat Hiasan Tas Rajut

Langkah berikutnya yaitu membuat tali penarik tas dengan menggunakan tusuk rantai, serta membuat hiasan dengan cara menggunakan tusuk rantai dan tusuk tunggal berbentuk lingkara, dan setelah semua di lakukan selanjutnya adalah langkah finising.

Sumber: http://www.busanamuslimterbaru.info/2014/02/cara-membuat-tas-rajut.html.

Didalam langkah finising ini dibutuhkan kain furing PVC dan vinyl. Itulah cara membuat tas rajut untuk pemula yang semoga bermanfaat, untuk lebih jelasnya silahkan lihat video di bawah ini:

Leave a Reply