Cara Membuat Tas Rajut Untuk Pemula

Cara Membuat Tas Rajut Untuk pemula – Kerajinan rajutan saat ini lagi digemari di berbagai kalangan, mulai dari sendal rajut, sepatu rajut, dompet rajut, hingga tas rajut. Produk yang paling laris dan dicari di pasaran adalah tas rajut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia industri di bidang seni khususnya merajut saat ini berkembang pesat bak jamur di musim hujan. Meskipun pada awalnya, merajut hanyalah kegiatan penyaluran hobi dan hanya dijadikan kegiatan sampingan. Berkat berkembangnya industri seni kerajinan tangan, sekarang merajut bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah yang tidak bisa dianggap remeh. Dan faktanya, banyak orang menggantungkan hidupnya pada industri tersebut. Walaupun sebagian orang masih menganggapnya hanya kerjaan sampingan untuk mengisi waktu luang dan media penyaluran hobi.

Ransel Tutup Firotex

Produk-produk hasil rajut tersebut punya daya tarik sendiri karena bentuknya yang unik, tidak seperti produk hasil dari pabrik garmen. Bahkan sebagian produk hasil rajut harganya lebih mahal, karena ada beberapa motif eksklusif yang hanya dibuat beberapa produk saja (terbatas).

Kalau kamu juga ingin belajar cara merajut yang benar, simak terus artikel ini, karena kita akan mengulas Tips merajut untuk pemula. Kamu tidak perlu minder meskipun kamu belum pernah belajar sebelumnya, karena yang akan kita sajikan nanti tips yang paling sederhana dan bisa dilakukan bahkan oleh seorang pemula sekalipun.

Persiapan Merajut

Untuk mulai belajar merajut, kita memerlukan bahan dan alat yang tentunya digunakan untuk sarana latihan. Alat dan bahan yang kita perlukan antara lain benang rajut dan jarum (kait). Untuk sarana latihan, gunakan benang ukuran sedang dengan diameter sekitar 5 mm. Kamu bisa membelinya di toko yang menjual alat keterampilan di kotamu.

Alat-alat Untuk Merajut

pabosi.net

Belajar Teknik Merajut

Setelah bahan dan alat terkumpul, saatnya kita mulai belajar merajut untuk pemula dimulai dari teknik dasar. Ada beberapa alternatif yang bisa kamu pilih.

  1. Kalau kamu punya teman atau saudara yang bisa merajut, kamu bisa memintanya untuk mengajari langsung. Bila belajar langsung dengan orang yang sudah pengalaman tentu akan lebih mudah. Dan kamu bisa langsung meminta pendapatnya kalau hasil rajut kamu sudah jadi.
  2. Kamu bisa belajar dari buku-buku yang membahas cara merajut.
  3. Kalau kamu punya akses internet, kamu bisa belajar dari berbagai sumber yang tersebar di berbagai situs.
  4. Atau kalau kamu masih kebingungan, kamu bisa mengikuti kursus merajut di kotamu.

Memilih Proyek Knitting Perdana

Ketika mulai belajar, biasanya kita akan menemukan hambatan sehingga membuat putus asa. Bagi pemula yang baru belajar merajut, sebaiknya jangan memilih motif yang susah-susah, pilihlah motif dan bentuk yang sederhana dan mudah untuk diikuti. Sederhana disini maksudnya hanya dengan menggunakan teknik-teknik dasar dan tikak terlalu banyak lekuk dan warnanya, sehingga akan mudah dikerjakan.

Cara Membuat Tas Rajut Untuk Pemula

pabosi.net

Ada yang lebih penting lagi untuk diperhatikan, sebaiknya cari motif dan bentuk yang jika dikerjakan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Kalau terlalu lama membuatnya kamu akan merasa lelah sebelum selesai merajut. Contohnya seperti membuat syal. Meskipun membuat syal tergolong mudah, namun perlu waktu lama untuk membuatnya karena bentuknya yang panjang. Hal sederhana bagus untuk sarana latihan adalah membuat tas tangan kecil, bandana atau topi.

Beberapa Tips Untuk Pemula

Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan bagi pemula.

– Jangan putus asa saat melakukan kesalahan. Buka lagi rajutan yang rusak tersebut kemudian perbaiki lagi, jangan sampai menyerah begitu saja. Kalau sudah jadi nanti pasti kamu akan puas dengan hasil karyamu.

– Jangan buru-buru mengharapkan hasilnya sempurna. Untuk awal-awal yang penting bisa merajut dulu, jika sudah terbiasa maka kamu bisa meningkatkan skill dan menyempurnakannya.

– Telitilah dalam merajut. Dengan teliti dan telaten dalam merajut, hasilnya akan lebih bagus ketimbang terburu-buru dan ingin cepat selesai.

– Jangan pernah jenuh bila sulit dalam belajar merajut. Yakinlah jika kamu tekun belajar, suatu saat kamu akan mahir dan jadi pakar di bidang merajut.

Demikian tips merajut untuk pemula, Semoga bermanfaat. Untuk lebih lanjut silahkan lihat video berikut ini:

 

Leave a Reply