Cara Mudah Membuat Tas Rajut Dari Benang Nylon

Cara Membuat Tas Rajut Nylon –¬†Banyak sekali model tas rajut nylon yang tersedia di pasaran baik secara online maupun offline. Apa Anda tertarik untuk membuatnya? Sebenarnya membuat tas rajut sangatlah menyenangkan, akan tetapi membutuhkan kesabaran dan waktu yang cukup lama mengerjakannya.

Cara Membuat Tas Rajut

pabosi.net

Kalau Anda memang hobi merajut tentu tidak masalah, tetapi bagi Anda yang masih bekerja di kantor sebaiknya pintar-pintarlah membagi waktu antara pekerjaan dan kesenangan.

Namun sebelum membahas cara membuat tas rajut dari nylon, sebelumnya akan saya jelaskan dulu kelebihan dari nylon dibanding bahan lainnya.

Kenapa Memilih Nylon Sebagai Bahan Pembuatan Tas Rajut?

Pada ulasan kali ini saya akan mengulas beberapa perbedaan mendasar antara bahan Nylon dan Polyester. Bahan-bahan ini merupakan serat terpopuler yang telah digunakan di berbagai industri seperti plastik, roda dan peralatan rumah lainnya.

Benang Nylon

pabosi.net

Nilon dan poliester banyak dianggap memiliki kemampuan dan kekuatan yang sama oleh masyarakat kita. Tapi sebenarnya kedua bahan ini memilki perbedaan yang cukup menarik untuk dibahas.

Simak perbedaan dari 2 bahan yang umum digunakan pada berbagai industri pada ulasan berikut ini.

Perbandingan Nylon dan Polyester Pada Sisi Kekuatan

Nylon dan Polyester merupakan serat terbaik dan terkuat yang biasa digunakan pada berbagai industri. Jika digunakan di bawah bidang kerja dan tekanan yang stabil, nylon lebih baik dari polyester.

Benang Polyester

pabosi.net

Nylon memiliki ketahanan yang tinggi terhadap jamur, bahan kimia, serangga dan abrasi sementara polyester lebih cepat menyusut dalam proses pemanasan. Nylon juga lebih cepat terbakar dan meleleh dibanding polyester.

Bahan Dasar Nylon Dan Polyester

Susunan senyawa polyster bisa dibuat dari termoset sementara nylon ialah produk sintetis yang pembuatannya membutuhkan bahan kimia. Sebenarnya polyester juga merupakan bahan sintetis, namun bedanya polyester dapat dibuat dari berbagai serat tanaman seperti kutikula dan polikarbonat.

Ketahanan

Nylon sangat baik digunakan pada media dengan latar tidak rata atau bergelombang. Hal ini dikarenakan nylon memiliki sifat yang luwes dan fleksibel. Nylon memiliki sifat seperti karet yang dapat meregang ketika diterapkan gaya besar lalu kemudian kembali lagi ke bentuk aslinya.

Ini adalah salah satu keunggulan bahan nylon dibandingkan dengan bahan polyester, karena peregangan dapat menyerap namun tidak mengubah kekuatan dari serat tali.

Penggunaan Nilon dan Poliester di Air

Nylon dan polyester juga amat baik digunakan pada media berbasis air karena keduanya adalah jenis tali wastafel. Perlu diketahui bahwa nylon memiliki sifat menyerap air sementara polyester tidak. Ini merupakan keuntungan bagi polyester jika digunakan untuk membuat kapal dan kolam renang.

Jika menggunakan nylon maka akan menambah beban dan waktu yang dibutuhkan sampai kering.

Penggunaan Nilon dan Poliester di Sinar Matahari

Kedua jenis bahan ini sangat tahan terhadap terpaan sinar matahari. Dalam hal ini polyester memiliki keuntungan dibandingkan dengan nylon yang akan rusak jika terus menerus terkena pancara sinar matahari.

Penggunaan Nilon dan Poliester pada tingkatan Abrasi

Polyester mempunyai keunggulan lain dari nylon dalam hal abrasi. Nylon dapat mempertahankan komponen bahan molekul kecil ketika penggunaannya.

Kesimpulan Antara Nilon dan Poliester 

  1. Nytlon ialah polimer dengan bahan termoplastik sedangkan polyester bisa termoset atau termoplastik tergantung dari racikan molekul pada struktur kimia.
  2. Kain Nylon mempunyai tekstur alami dan lebih baik daripada polyester.
  3. Polyester lebih tahan lama dan kerut dari nylon
  4. Polyester dapat diproduksi dengan bahan alami, salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan cutis yang berasal dari kultikula tanaman.

Cara Membuat Tas Rajut dari Nylon

Menjelaskannya akan sangat sulit jika dilakukan hanya melalui tulisan. Silahkan tonton video berikut ini untuk lebih jelasnya:

Setelah melihat video di atas, untuk lebih lanjutnya lihat Video selanjutnya di sini.

Leave a Reply